GUGUS 03

KECAMATAN LEMAHABANG KARAWANG JAWA BARAT INDONESIA


KONTAK PERSON: 058513471919-085718392815

Selasa, 30 November 2010

LAPORAN KEGIATAN IN SERVICE KKG BERMUTU

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
        Kondisi Pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang pada saat ini sedang berupaya secara maksimal untuk meningkatkan mutu pendidikan yang selama ini posisi IPM Kabupaten Karawang masih rendah.  Pendidikan di Kabupaten Karawang kurang berhasil, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :
1.       Infrastruktur gedung sekolah pada umumnya rusak
2.       Biaya pendidikan mahal
3.       Kualitas guru dan hasil didik belum memadai.
        Untuk mengatasi permasalahan yang begitu komplek dan rumit tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan, akan tetapi perlu adanya kerja sama dari semua pihak  baik dari pemerintah maupun masyarakat. Upaya yang selama ini telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Karawang yaitu anggaran APBD II sebanyak 20 % dialokasikan   kesektor Pendidikan. Strategi yang ditempuh oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang diantaranya yang berkaitan dengan :
a.       Insfrastruktur
1.    Pembangunan dan Rehabilitasi gedung
2.    Merger Sekolah
3.    Sekolah Percontohan
 b.       Biaya Pendidikan Mahal
1.    Gratis biaya DSP dan SPP bagi siswa SD dan SMP
2.    Bantuan Operasional Pendamping (BOS) Kabupaten
3.    Bantuan Siswa Miskin (BSM)
c.       Kualitas Guru dan Hasil Didik
1.    Mengadakan Bintek bagi Kepala Sekolah
2.    Pelatihan guru mata pelajaran
3.    Dana Block Grant peningkatan mutu dan profesionalisme guru melalui KKG
        Komitmen Kelompok Kerja Guru di seluruh Kabupaten Karawang yang selama ini belum memberikan Kontribusi untuk menumbuh kembangkan budaya pembelajaran yang berpusat pada sistem instruksional yang prima sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan baik secara Regional maupun Nasional.
        Keberadaan KKG di Kabupaten Karawang sudah terbentuk sejak lama, namun kegiatannya belum memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi dan  kinerja KKG di Kabupaten Karawang malah belum terbentuk.
        Masalah-masalah lain yang dihadapi oleh Guru untuk menciptakan Kelompok Kerja Guru yang aktif dan efektip diantaranya :
1.       Manajemen KKG masih perlu ditingkatkan kualitasnya dalam upaya    optimalisasi pembinaan kegiatan di KKG sehingga berdampak kurangnya perhatian dan kepedulian dari Guru.
2.       Program-program KKG masih kurang sesuai dengan kebutuhan pengembangan profesionalisme
3.       Kepala Sekolah. Kegiatan-kegiatan di KKG kurang memberikan manfaat untuk Guru meningkatkan kompetensi dan kinerja Guru serta kurang memberikan kontribusi untuk menumbuh kembangkan budaya pembelajaran yang berpusat pada kebutuhan peserta didik atau kelas sehingga berdampak pada peningkatan kualitas proses pembelajaran  yang berujung pada peningkatan kualitas secara menyeluruh.
4.       Kurangnya perhatian dan kontribusi dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang tentang tujuan, fungsi dan manpaat KKG
5.       Dana pendukung operasional bersumber dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  sesuai dengan RKAS (Recana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) yang telah   ditetapkan  dan iuran anggota, sehingga tidak mencukupi  untuk membiayai semua program dan kegiatan.
6.       Tidak adanya Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) dari LPTK  baik Negeri atau Swasta bagi Guru yang belum memiliki jenjang akademi  SI/DIV untuk pengurangan Sistem Kredit Semester (SKS).
7.       Tidak adanya Continuing Profesionalisme Development (CPD) dari instansi terkait bagi Kepala Sekolah yang akan mengusulkan Kenaikan Pangkat untuk Penetapan Angka Kredit (PAK).
8.       Tidak adanya bukti fisik hasil pelaksanaan program yang dapat  membantu Guru dalam rangka sertifikasi.
        Sehubungan dengan hal tersebut diatas Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (DITJEN PMPTK), Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat melalui Program BETTER EDUCATION TRHOUGH REFORMED MANAGEMENT UNIVERSAL TEACHER  UPGRADING (BERMUTU). Project mengembangkan program-program prioritas. Salah satu program tersebut adalah peningkatan mutu pendidikan pada pendidikan dasar dan program ini terkait dengan usaha memantapkan struktur pengembangan mutu Guru.
        Dalam pemberdayaan KKG tersebut, program BERMUTU menyediakan Block Grant Dana Bantuan Langsung (DBL) yang diberikan secara langsung kepada KKG melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Propinsi Jawa Barat.
        Dana Bantuan Langsung secara tepat dan terprogram, akan menjadikan KKG sebagai wadah yang tepat bagi peningkatan mutu dan profesionalisme. Kegiatan KKG diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kompetensi dan kinerja anggota KKG untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas dan Guru meningkatkan kompetensi secara berkelanjutan. Disamping itu kegiatan-kegiatan  di KKG  dapat membantu Guru memperoleh : (i) Pengakuan Pengalaman Kerja Hasil Belajar (PPKHB) pengurangan Sistem Kredit Semester (SKS) dari LPTK  bagi Guru yang belum memiliki kualifikasi akademik SI/D IV dari LPTK baik Negeri maupun Swasta, (ii),CONTINUING PROFESIONAL DEVELOPMENT (CPD) Penetapan Angka Kredit  (PAK) bagi Guru yang akan mengusulkan Kenaikan Pangkat, (iii) Persiapan Guru dalam mengahadapi sertifikasi.
 
B.      DASAR HUKUM
1.     Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.     Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
3.     Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.     SK Mendiknas No. 128 / P / 2007 tanggal 10 Desember 2007 tentang Propinsi dan Kabupetan Mitra Program Bermutu.
5.     Surat Direktur Pembinaan Diklat Dirjen PMPTK No. 2145/FS.1/LL/2009 tertanggal 5 Oktober 2009 tentang Proposal Re-alokasi Dana Program BERMUTU.

C.      TUJUAN PROGRAM
1.     Tujuan Umum
        Meningkatkan profesionalitas Guru melalui pemberdayaan kapasitas KKG
2.     Tujuan Khusus.
a.    Memberikan kesempatan kepada anggota KKG untuk berbagi pengalaman serta  saling memberikan bantuan dan umpan balik.
b.    Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih professional bagi anggota KKG.
c.    Memberdayakan dan membantu anggota KKG dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran  disekolah.
d.    Meningkatkan kompetensi dan kinerja KKG  dalam mengembangkan profesionalisme.
e.    Meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu pendidikan yang tercermin dari pada peningkatan hasil belajar peserta didik.
f.     Mendorong Guru untuk memiliki kemampuan menggunakan metode pembelajaran yang aktif, inovatif,  kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM).
g.    Membantu Guuru untuk memperoleh Pengakuan Pengalaman Kerja Hasil Belajar (PPKHB) pengurangan SKS dari LPTK bagi Guru anggota KKGyang belum memiliki kualifikasi akademik SI / D IV.
h.    Membantu Guru memperoleh  CONTINUING PROFESIONAL DEVELOPMENT (CPD) Penetapan Angka Kredit bagi Guru yang akan mengusulkan kenaikan pangkat.
i.      Membantu Guru anggota KKG dalam rangka persiapan sertifikasi.

D.      MANFAAT
1.     Bagi guru
a.   Meningkatkan kompetensi dalam menyelenggarakn Pembalajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) serta pengelolan menejemen sekolah.
b.   Melalui keikutsertaan kegiatan di KKG dapat diajukan melalui portifolio untuk memperoleh Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) bagi guru yang akan meningkatkan kualitas akademik kejenjang S1/D IV

2.     Bagi Kelompok Kerja
a.   Adanya kaitan antara pendidkan dan pelatihan guru di KKG denganpembe nahan pembelajaran di sekolah
b.   Tersedianya guru yang professional dan mampu meningkatkan mutu    pembelajaran di sekolah.
3.     Bagi Peserta Didik
        Keterlibatan  peserta didik dalam proses pembalajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM)
4.     Bagi Pemerintah Daerah/Dinas Pendidikan
        Memiliki guru yang kompeten, professional dan mampu meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Karawang sesuai dengan standar nasional
5.     Bagi Pemerintah
a.   Secara Nasional pemerintah memiliki guru yang kompeten, professional dan mampu meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan standar nasional
b.   Meningkatkan mutu layanan pendidikan nasional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan
c.   Meningkatnya mutu pendidikan nasional

E.      SASARAN
Sasaran dari program KKG BERMUTU yaitu :
1.     Guru – guru SD PNS dan Non PNS yang belum memiliki jenjang kualifikasi akademik S.I/ D IV untuk mendapatkan Pengakuan Pengalaman Kerja Hasil Belajar (PPKHB) untuk mendapatkan pengakuan SKS dari Perguruan Tinggi yang mengkonvesi.
2.     Guru – guru SD yang sudah memiliki kualivikasi akademik S.I untuk mendapatkan Continuing Profesional Development (CPD) untuk memperoleh pengakuan angka kredit untuk membantu penetapan angka kredit.
3.     Guru – guru SD PNS maupun Non PNS yang letak sekolahnya jauh dari Perguruan Tinggi.

F.       HASIL YANG DIHARAPKAN
a.       Adanya kesempatan kepada anggota KKG untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik
b.       Adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih professional bagi anggota KKG.
c.       Adanya pemberdayaan  dan membantu anggota KKG dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran  disekolah.
d.       Adanya peningkatan kompetensi dan kinerja KKG  dalam mengembangkan profesionalisme.
e.       Adanya peningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu pendidikan yang tercermin dari pada peningkatan hasil belajar peserta didik.
f.        Membantu Guru untuk memiliki kemampuan menggunakan metode pembelajaran yang aktif, inovatif, , kreatif, efektif dan menyenangkan. (PAIKEM).
g.       Terhimpunya portofolio  yang dapat digunakan untuk memperoleh Pengakuan Pengalaman Kerja Hasil Belajar (PPKHB) pengurangan SKS dari LPTK bagi Guru anggota KKG yang belum memiliki kualifikasi akademik SI/DIV.
h.      Bukti fisik hasil kegiatan di KKG dapat diajukan untuk memperoleh CONTINUING PROFESIONAL DEVELOPMENT (CPD) Penetapan Angka Kredit bagi kepala sekolah yang akan mengusulkan kenaikan pangkat secara berekelanjutan.
i.        Membantu Guru anggota KKG dalam rangka persiapan sertifikasi. <span class="fullpost">











BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN PROGRAM INSERVICE
A.      WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
          Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan Inservice program KKG Gugus BERMUTU, seperti yang terlihat pada tabel di bawah ini.
No.
Kelompok Kerja Guru
Tanggal Pelaksanaan
Tempat
1.
KKG GUGUS 03 Kecamatan Lemahabang Kab. Karawang
26-28 Oktober 2010
SDN PULOJAYA I

B.      PESERTA
        Peserta Kegiatan Inservice Program KKG Gugus BERMUTU ini adalah :
Semua guru SD baik yang sudah PNS dan Non PNS yang ada di wilayah Gugus 03 Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang.
          Berikut daftar pesertanya :

PESERTA KEGIATAN INSERVICE
KKG GUGUS 03 KECAMATAN LEMAHABANG

NO
NAMA
Gol / Ruang
Pendidikan Terakhir
Asal Sekolah
1
AOS FIRDAOS,SPd
III / b
S1 PGSD
SDN Pulojaya I
2
WASIN SUHENDRA, SPd.
III / c
S1
SDN Pulojaya I
3
SUYADI
IV/A
D.II PGSD
SDN Pulojaya I
4
DODIN ROEHIDIN
IV / a
D.II PGSD
SDN Pulojaya I
5
ONAH
IV / a
D.II  PGSD
SDN Pulojaya I
6
ASEP SAEPULOH

D.II  PGSD
SDN Pulojaya I
7
SITI SUHAEBAH

D.II  PGSD
SDN Pulojaya II
8
SAEPUDIN
IV / a
D2 PGSD
SDN Pulojaya II
9
SOLIHAT
III / c
D.II PGSD
SDN Pulojaya II
10
HASAN BASRI
II / c
D.II PGSD
SDN Pulojaya II
11
KARTINI

D.II
SDN Pulojaya II
12
DEDE MARDIAH

S1 PGSD
SDN Pulojaya II
NO
NAMA
Gol / Ruang
Pendidikan Terakhir
Asal Sekolah
13
ONAH SITI HASANAH
II / a
D.II PGSD
SDN Pulojaya III
14
ADE PERMANA
-
D.II PGSD
SDN Pulojaya III
15
ENAY KURNIASIH
IV / a
D.II PGSD
SDN Pulojaya III
16
DASIM MAHPUDIN
III / d
D.II PGSD
SDN Pulojaya III
17
ENDANG SURYANA
IV / a
D.II PGSD
SDN Pulojaya III
18
JUHDIANA
IV / a
D.II PGSD
SDN Karyamukti I
19
ROHANAH
IV / a
D.II PGSD
SDN Karyamukti I
20
SITI NURLELA
II/b
D.II PGSD
SDN Karyamukti I
21
OJO SUPARJA, S.Pd I

SI PAI
SDN Karyamukti I
22
SUPIASIH
III/A
SI PAI
SDN Karyamukti I
23
RATNA WULAN SARI
-
D.II PGSD
SDN Karyamukti I
24
SUNARYATUN
IV / a
D.II PGSD
SDN Karyamukt i II
25
MAKSUS
IV / a
D.II PGSD
SDN Karyamukt i II
26
ACAH
IV / a
D.II PGSD
SDN Karyamukt i II
27
ALI RAHMAT
 III / d
D.II PGSD
SDN Karyamukt i II
28
DIAH WARDIAH
II/b
D.II PGSD
SDN Karyamukt i II
29
AGI SUKMAYADI
IV / a
D.II PGSD
SDN Pulokalapa I
30
ABDUL QODIR
III / c
D.II PGSD
SDN Pulokalapa I
31
MAR'AH SULANDRI
III / c
D.II PAI
SDN Pulokalapa I
32
LILIS SRI N
II / d
D.II PGSD
SDN Pulokalapa I
33
ACA TAMIMI, SPd.I.
II / c
D.II PGSD
SDN Pulokalapa I
34
A TAJUDIN
III / c
D.II PGSD
SDN Pulokalapa II
35
ASEP SAEPUDIN
II / d
D.II PGSD
SDN Pulokalapa II
36
ELIF FAHLADIN
II / b
D.II PGSD
SDN Pulokalapa III
37
RUSMANA
IV / a
PGA
SDN Pulokalapa III
38
MAMAN SIDIK
IV / a
S1 PGSD
SDN Pulokalapa III
39
TATA, SPd.
IV/A
S1 PGSD
SDN Pulokalapa III
40
SUHARYATI
IV / a
S1 PGSD
SDN Pulomulya I
41
VINI ASTRIANI E H.
III/B
S1 PAI
SDN Pulomulya I
42
H. SATIM

SPG
SDN Pulomulya I
43
TIA ANITA
-
D.II PGSD
SDN Pulomulya I
44
CAMING

SGO
SDN Pulomulya I

NO
NAMA
Gol / Ruang
Pendidikan Terakhir
Asal Sekolah
45
ASAN
II / d
D.II PGSD
SDN Pulomulya II
46
ACEP SUPRIYADI
II / b
D.II PGSD
SDN Pulomulya II
47
RANTA SUPARTA

D.II PGSD
SDN Pulomulya II
48
ELA NURLAELA, Sag.

S1 PAI
SDN Pulomulya II
49
NURDIN, S.Pd
IV / a
S1
SDN Pulojaya I
50
ASEP SUDANA, S.Pd
IV / a
S1
SDN Pulojaya II
51
ROMLI, S.Pd
IV / a
S1
SDN Pulojaya III
52
IYAS ISKANDAR
IV / a
S1
SDN Karyamukti I
53
SUTATI, S.Pd
IV / a
S1
SDN Karyamukti II
54
YETI MARYATI, S.Pd
III / d
S1
SDN Pulokalapa I
55
H. UDIN MAHPUDIN,SH
IV / a
S1
SDN Pulokalapa II
56
SANUSI, S.Pd
IV / a
S1
SDN Pulokalapa III
57
AJAT, S.Ag
IV / a
S1
SDN Pulomulya II
58
ITOH MASITOH, S.Pd
IV / a
S1
SDN Pulomulya II


C.      FASILITATOR
Pada kegiatan Inservice Program KKG Gugus BERMUTU di Gugus  03 Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang ini, difasilitasi oleh tim yang terdiri dari unsur Struktural Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang dan DCT Kabupaten Karawang selaku narasumber.

D.      KEPANITIAAN DAN UNSUR PIMPINAN
          Panitia adalah Pejabat Struktural Kepala UPTD TK, SD Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang dan Para Pengurus Kelompok Kerja Guru Gugus03I Kecamatan Lemahabang.


PENANGGUNG JAWAB DAN PANITIA
No.
Nama
Jabatan
Rutin
Kepanitiaan
1
AOS FIRDAOS, SPd.
Ketua KKG Gugus o3
Ketua Pelaksana
2
ABDUL QODIR
Sek. KKG Gugus o3
Sekretaris
3
WASIN SUHENDRA
Bend. KKG Gugus o3
Bendahara
 

E.      STRATEGI DIKLAT DAN KEGIATAN

      1. Langkah-langkah Pembelajaran

No
Langkah-langkah Pembelajaran
Output
Alat/Bahan/
Media/Sumber Belajar
Waktu
1
-       Menyimak informasi kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten/Kota
-       Melakukan tanya jawab
Peserta memahami kebijakan Dinas Pendidikan Kab/Kota Karawang
LCD
Note Book
Kebijakan Disdikpora
Kab/Kota
2 X 45 menit
2
-       Menyimak penjelasan materi
-       Diskusi penyususnan silabus dan RPP
-       Penyusunan silabus dan RPP
-       Peserta memahami Kurikulum
-       Silabus dan RPP
LCD
Note Book
ATK
Format-format
Papan Tulis
Modul BBM Generik
8 X 45 menit
3
-       Menyimak penjelasan materi
-       Tanya jawab tentang Case Study, Lesson Study, dan PTK
-       Diskusi tentang Case Study, Lesson Study dan PTK
-       Menyusun Case Study
-       Open Class
-       Brainstorming
 Peserta dapat menyusun Case Study, Lesson Study dan PTK
LCD
Note Book
ATK
Format-format
Papan Tulis
Modul BBM Generik
10 X 45 menit
4
-       Menyimak penjelasan cara-cara menyusun learning
Journal
-    Membuat learning journal
Peserta dapat menyusun
Learning journal
LCD
Note Book
ATK
Format-format
Papan Tulis
4 X 45 menit
5
Menyimak penjelasan tentang ICT
Peserta mengenal bagian-bagian  komputer
Seperangkat computer
Modul BBM Generik
2 X 45 menit
6
Menyusun tagihan-tagihan hasil kegiatan
Portofolio
ATK
Modul BBM Generik
2 X 45 menit
7
Menyusun Rencana Tindakan
Rencana tindakan
ATK
Modul BBM Generik
2 X 45 menit

2.       Model Silabus Diklat Inservice

KOMPETENSI
INDIKATOR
MATERI
PENGALAMAN BELAJAR
ALAT/SUMBER
JAM
PEL
Peserta mampu memahami
Kebijakan Dinas Pendidikan
Kab/Kota
Mendeskripsikan
Kebijakan Dinas
Pendidikan Kab/Kota
Kebijakan Dinas
Pendidikan Kab/Kota
-       Menyimak informasi kebijakan
      Dinas Pendidikan Kab/Kota
-       Melakukan tanya jawab
-       LCD
-       Note Book
1
-  Peserta mamapu 
   memahami Isi kurikulum
   Sekolah
-  Peserta mampu membuat
   Silabus dan RPP
- Mendeskripsikan isi
  Kurikulum Sekolah
- Mendeskripsikan  
  komponen-komponen
  Silabus dan RPP
KTSP
a.    Dokumen I
b.    Dokumen II
( Silabus dan RPP )    
-       Menyimak penjelasan materi
-       Diskusi penyusunan silabus dan
RPP
-    Penyusunan silabus dan RPP
-    LCD
-    Note Book
-    ATK
-    Papan Tulis
-    Modul BBM 
     Generik
2
6
Peserta mampu memahami :
Case Study, Lesson Sudy, dan PTK
Mendeskripsikan Case
Study, Lesson Study, dan PTK
-       Case Study
-       Lesson Study
-       PTK
-       Menyimak penjelasan materi
-       Tanya jawab tentang Case Study,
Lesson Sutdy dan PTK
-       Diskusi tentang Case Study, Lesson Study dan PTK
-       Menyusun Case Study
-       Open Class
-       Brainstorming
-    LCD
-    Note Book
-    ATK
-    Papan Tulis
-    Modul BBM 
     Generik
-    Format-format
3
3
5
Peserta mampu memahami cara menyusun Learning Journal
Mendeskripsikan cara membuat learning journal
Menyusun learning journal
-       Menyimak penjelasan cara-cara
      menyusun learning journal
-    Membuat learning journal
-    ATK
-    Modul BBM   
     Generik
4
Peserta mampu memahami ICT
Mendeskripsikan bagian-bagian ICT
ICT
Menyimak penjelasan tentang ICT
-       Seperangkat
      Computer
-       Modul BBM Generik
2
Peserta mampu memahami tagihan-tagihan yang harus dipenuhi
Mendeskripsikan tagihan-tagihan yang harus dipenuhi
Evaluasi Kinerja Guru
Menyusun tagihan-tagihan hasil kegiatan
-       ATK
-       Modul BBM Generik
2
Peserta mampu memahami cara penyusunan action plan
Mendeskripsikan cara penyusunan perencanaan tindakan
Penyusunan action plan
Menyusun rencana tindakan
-       ATK
-       Modul BBM Generik
2


F.       JADWAL KEGIATAN INSERVICE
          KKG GUGUS 03 LEMAHABANG
          TANGGAL: 26 s/d 28 Oktober 2010

No
Waktu
Hari / Tanggal
Kode
Uraian Kegiatan
Jml
Jam
Fasilitator
Keter
Selasa
Rabu
Kamis
08-12-2009
09-12-2009
10-12-2009
1
07.30 – 08.15
1
4
7
1
Kebijakan Disdikpora Kab. Karawang
1
Kadisdikpora
Pleno
2
08.15 – 09.00
2
4
7
2
KTSP
2
Pemandu
Kelompok
3
09.00 – 09.45
2
5
7
3
Silabus dan RPP
6
Pemandu
Kelompok

09.45 – 10.15
ISTIRAHAT
4
Case Study
3
Pemandu
Kelompok
4
10.15 – 11.00
3
5
7
5
Leasson Study
5
Pemandu
Kelompok
5
11.00 – 11.45
3
5
8
6
PTK
3
Pemandu
Kelompok

11.45 – 13.00
ISTIRAHAT
7
Learning Jurnal
4
Pemandu
Kelompok
6
13.00 – 13.45
3
5
8
8
ICT
2
Pemandu
Kelompok
7
13.45 – 14.30
3
5
9
9
Evaluasi Kinerja Guru
2
Pemandu
Kelompok
8
14.30 – 15.15
3
6
9
10
Rencana Tindakan
2
Pemandu
Kelompok

15.15 – 15.45
ISTIRAHAT





9
15.45 – 16.30
3
6
10





10
16.30 – 17.15
4
6
10





Jumlah
10
10
10


30



                         


G.      PEMBIAYAAN
          Kegitan Inservice yang dilaksanakan dari tanggal 26-28 Oktober 2010 di Gugus 03 Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang ini, biaya seluruhnya menggunakan DBL KKG BERMUTU untuk KKG Gugus 03 , dengan rincian sebagai berikut :

1.       Belanja Bahan  :                                          =      Rp.      4.004.000,-
        -     ATK Kegiatan                                         =      Rp.         540.000,-
        -     Penggandaan                                         =      Rp.         200.000,-
        -     Dokumentasi dan Surat Menyurat        =      Rp.         104.000,-
        -     Penyusunan Laporan                             =      Rp.         100.000,-
        -     Konsumsi                                                =      Rp.      3.060.000,-

2.     Belanja Perjalanan                                     =      Rp.      2.250.000,-
        -     Transport Narasumber
              @ Rp. 100.000,-  x  3 Org  x 1 Keg       =      Rp.         300.000,-
        -     Uang Harian Narasumber
                        @ Rp. 350.000,-  x  3 Org  x 1 hr            =      Rp.      1.050.000,-
                  -     Akomodasi                                                                   
                        @ Rp. 300.000,-  x  3 Org  x 1 hr           =      Rp.         900.000,-

          3.   Jumlah ( Belanja Bahan + Belanja Perjalanan)  =   Rp. 6.254.000,-
                  ( Terbilang : Enam juta dua ratus lima puluh empat ribu rupiah)
                               
                 
H.      TATA TERTIB
          1.     Peserta wajib hadir dalam acara pembukaan, selama pelaksanaan kegiatan, dan penutupan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
          2.     Peserta wajib hadir di tempat kegiatan 10 menit sebelum acara dimulai            .
          3.     Peserta wajib mengikuti semua kegiatan yang telah ditetapkan oleh sekretariat panitia.
          4.     Peserta wajib berpakaian rapi dan sopan pada saat mengikuti kegiatan.
          5.     Peserta wajib mentaati peraturan yang dibuat panitia sebagaimana tersebut di atas.
          6.     Hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib ini akan diinformasikan lebih lanjut.                                   
       


























BAB III
HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN
            Pada kegiatan Inservice ini, ada beberapa materi kegiatan yang merupakan pokok dari pembahasan para narasumber, diantaranya :
1.    Pelatihan Lesson study
Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning (pembelajaran yang bermutu) untuk membangun learning community (komunitas`pembelajaran) Dalam pelaksanaan lesson study terdapat  tiga tahapan yaitu: (i) Perencanaan (plan) , (ii) Pelaksanaan dan Observasi (do), (iii) Refleksi (see)
2.    Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing – masing satuan pendidikan, KTSP dikembangkan sesuai relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan. KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang ber iman dan ber taqwa, berakhlak mulia sehat, ber ilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga nagara yang demokratis. Maka pengembangan KTSP lebih menitik beratkan pada kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
3.    Penilitian Tindakan Kelas (PTK)
Dalam kegiatan Inservice, juga menyelenggrakan pelatihan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) meski secara umum disampaikan sehingga betul – betul memberikan kontribusi bagi peningkatan profesional guru dalam pembelajaran dikelas. Program Penilitian Tindakan Kelas (PTK) di kegiatan In service ini agar kedepan guru – guru di gugus 03 ini dibina secara berkelanjutan oleh pengawas dan kepala sekolah.
Kami melaksanakan program tersebut di atas agar dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja guru.</span>

Tags

TERPOPULER

MITRA

Blog Archive