BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kondisi Pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang pada saat ini sedang berupaya secara maksimal untuk meningkatkan mutu pendidikan yang selama ini posisi IPM Kabupaten Karawang masih rendah. Pendidikan di Kabupaten Karawang kurang berhasil, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :
1. Infrastruktur gedung sekolah pada umumnya rusak
2. Biaya pendidikan mahal
3. Kualitas guru dan hasil didik belum memadai.
Untuk mengatasi permasalahan yang begitu komplek dan rumit tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan, akan tetapi perlu adanya kerja sama dari semua pihak baik dari pemerintah maupun masyarakat. Upaya yang selama ini telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Karawang yaitu anggaran APBD II sebanyak 20 % dialokasikan kesektor Pendidikan. Strategi yang ditempuh oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang diantaranya yang berkaitan dengan :
a. Insfrastruktur
1. Pembangunan dan Rehabilitasi gedung
2. Merger Sekolah
3. Sekolah Percontohan
b. Biaya Pendidikan Mahal
1. Gratis biaya DSP dan SPP bagi siswa SD dan SMP
2. Bantuan Operasional Pendamping (BOS) Kabupaten
3. Bantuan Siswa Miskin (BSM)
c. Kualitas Guru dan Hasil Didik
1. Mengadakan Bintek bagi Kepala Sekolah
2. Pelatihan guru mata pelajaran
3. Dana Block Grant peningkatan mutu dan profesionalisme guru melalui KKG
Komitmen Kelompok Kerja Guru di seluruh Kabupaten Karawang yang selama ini belum memberikan Kontribusi untuk menumbuh kembangkan budaya pembelajaran yang berpusat pada sistem instruksional yang prima sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan baik secara Regional maupun Nasional.
Keberadaan KKG di Kabupaten Karawang sudah terbentuk sejak lama, namun kegiatannya belum memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi dan kinerja KKG di Kabupaten Karawang malah belum terbentuk.
Masalah-masalah lain yang dihadapi oleh Guru untuk menciptakan Kelompok Kerja Guru yang aktif dan efektip diantaranya :
1. Manajemen KKG masih perlu ditingkatkan kualitasnya dalam upaya optimalisasi pembinaan kegiatan di KKG sehingga berdampak kurangnya perhatian dan kepedulian dari Guru.
2. Program-program KKG masih kurang sesuai dengan kebutuhan pengembangan profesionalisme
3. Kepala Sekolah. Kegiatan-kegiatan di KKG kurang memberikan manfaat untuk Guru meningkatkan kompetensi dan kinerja Guru serta kurang memberikan kontribusi untuk menumbuh kembangkan budaya pembelajaran yang berpusat pada kebutuhan peserta didik atau kelas sehingga berdampak pada peningkatan kualitas proses pembelajaran yang berujung pada peningkatan kualitas secara menyeluruh.
4. Kurangnya perhatian dan kontribusi dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang tentang tujuan, fungsi dan manpaat KKG
5. Dana pendukung operasional bersumber dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sesuai dengan RKAS (Recana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) yang telah ditetapkan dan iuran anggota, sehingga tidak mencukupi untuk membiayai semua program dan kegiatan.
6. Tidak adanya Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) dari LPTK baik Negeri atau Swasta bagi Guru yang belum memiliki jenjang akademi SI/DIV untuk pengurangan Sistem Kredit Semester (SKS).
7. Tidak adanya Continuing Profesionalisme Development (CPD) dari instansi terkait bagi Kepala Sekolah yang akan mengusulkan Kenaikan Pangkat untuk Penetapan Angka Kredit (PAK).
8. Tidak adanya bukti fisik hasil pelaksanaan program yang dapat membantu Guru dalam rangka sertifikasi.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (DITJEN PMPTK), Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat melalui Program BETTER EDUCATION TRHOUGH REFORMED MANAGEMENT UNIVERSAL TEACHER UPGRADING (BERMUTU). Project mengembangkan program-program prioritas. Salah satu program tersebut adalah peningkatan mutu pendidikan pada pendidikan dasar dan program ini terkait dengan usaha memantapkan struktur pengembangan mutu Guru.
Dalam pemberdayaan KKG tersebut, program BERMUTU menyediakan Block Grant Dana Bantuan Langsung (DBL) yang diberikan secara langsung kepada KKG melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Propinsi Jawa Barat.
Dana Bantuan Langsung secara tepat dan terprogram, akan menjadikan KKG sebagai wadah yang tepat bagi peningkatan mutu dan profesionalisme. Kegiatan KKG diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kompetensi dan kinerja anggota KKG untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas dan Guru meningkatkan kompetensi secara berkelanjutan. Disamping itu kegiatan-kegiatan di KKG dapat membantu Guru memperoleh : (i) Pengakuan Pengalaman Kerja Hasil Belajar (PPKHB) pengurangan Sistem Kredit Semester (SKS) dari LPTK bagi Guru yang belum memiliki kualifikasi akademik SI/D IV dari LPTK baik Negeri maupun Swasta, (ii),CONTINUING PROFESIONAL DEVELOPMENT (CPD) Penetapan Angka Kredit (PAK) bagi Guru yang akan mengusulkan Kenaikan Pangkat, (iii) Persiapan Guru dalam mengahadapi sertifikasi.
B. DASAR HUKUM
1. Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
3. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
4. SK Mendiknas No. 128 / P / 2007 tanggal 10 Desember 2007 tentang Propinsi dan Kabupetan Mitra Program Bermutu.
5. Surat Direktur Pembinaan Diklat Dirjen PMPTK No. 2145/FS.1/LL/2009 tertanggal 5 Oktober 2009 tentang Proposal Re-alokasi Dana Program BERMUTU.
C. TUJUAN PROGRAM
1. Tujuan Umum
Meningkatkan profesionalitas Guru melalui pemberdayaan kapasitas KKG
2. Tujuan Khusus.
a. Memberikan kesempatan kepada anggota KKG untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik.
b. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih professional bagi anggota KKG.
c. Memberdayakan dan membantu anggota KKG dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran disekolah.
d. Meningkatkan kompetensi dan kinerja KKG dalam mengembangkan profesionalisme.
e. Meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu pendidikan yang tercermin dari pada peningkatan hasil belajar peserta didik.
f. Mendorong Guru untuk memiliki kemampuan menggunakan metode pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM).
g. Membantu Guuru untuk memperoleh Pengakuan Pengalaman Kerja Hasil Belajar (PPKHB) pengurangan SKS dari LPTK bagi Guru anggota KKGyang belum memiliki kualifikasi akademik SI / D IV.
h. Membantu Guru memperoleh CONTINUING PROFESIONAL DEVELOPMENT (CPD) Penetapan Angka Kredit bagi Guru yang akan mengusulkan kenaikan pangkat.
i. Membantu Guru anggota KKG dalam rangka persiapan sertifikasi.
D. MANFAAT
1. Bagi guru
a. Meningkatkan kompetensi dalam menyelenggarakn Pembalajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) serta pengelolan menejemen sekolah.
b. Melalui keikutsertaan kegiatan di KKG dapat diajukan melalui portifolio untuk memperoleh Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) bagi guru yang akan meningkatkan kualitas akademik kejenjang S1/D IV
2. Bagi Kelompok Kerja
a. Adanya kaitan antara pendidkan dan pelatihan guru di KKG denganpembe nahan pembelajaran di sekolah
b. Tersedianya guru yang professional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
3. Bagi Peserta Didik
Keterlibatan peserta didik dalam proses pembalajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM)
4. Bagi Pemerintah Daerah/Dinas Pendidikan
Memiliki guru yang kompeten, professional dan mampu meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Karawang sesuai dengan standar nasional
5. Bagi Pemerintah
a. Secara Nasional pemerintah memiliki guru yang kompeten, professional dan mampu meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan standar nasional
b. Meningkatkan mutu layanan pendidikan nasional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan
c. Meningkatnya mutu pendidikan nasional
E. SASARAN
Sasaran dari program KKG BERMUTU yaitu :
1. Guru – guru SD PNS dan Non PNS yang belum memiliki jenjang kualifikasi akademik S.I/ D IV untuk mendapatkan Pengakuan Pengalaman Kerja Hasil Belajar (PPKHB) untuk mendapatkan pengakuan SKS dari Perguruan Tinggi yang mengkonvesi.
2. Guru – guru SD yang sudah memiliki kualivikasi akademik S.I untuk mendapatkan Continuing Profesional Development (CPD) untuk memperoleh pengakuan angka kredit untuk membantu penetapan angka kredit.
3. Guru – guru SD PNS maupun Non PNS yang letak sekolahnya jauh dari Perguruan Tinggi.
F. HASIL YANG DIHARAPKAN
a. Adanya kesempatan kepada anggota KKG untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik
b. Adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih professional bagi anggota KKG.
c. Adanya pemberdayaan dan membantu anggota KKG dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran disekolah.
d. Adanya peningkatan kompetensi dan kinerja KKG dalam mengembangkan profesionalisme.
e. Adanya peningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu pendidikan yang tercermin dari pada peningkatan hasil belajar peserta didik.
f. Membantu Guru untuk memiliki kemampuan menggunakan metode pembelajaran yang aktif, inovatif, , kreatif, efektif dan menyenangkan. (PAIKEM).
g. Terhimpunya portofolio yang dapat digunakan untuk memperoleh Pengakuan Pengalaman Kerja Hasil Belajar (PPKHB) pengurangan SKS dari LPTK bagi Guru anggota KKG yang belum memiliki kualifikasi akademik SI/DIV.
h. Bukti fisik hasil kegiatan di KKG dapat diajukan untuk memperoleh CONTINUING PROFESIONAL DEVELOPMENT (CPD) Penetapan Angka Kredit bagi kepala sekolah yang akan mengusulkan kenaikan pangkat secara berekelanjutan.
i. Membantu Guru anggota KKG dalam rangka persiapan sertifikasi. <span class="fullpost">
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN PROGRAM INSERVICE
A. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan Inservice program KKG Gugus BERMUTU, seperti yang terlihat pada tabel di bawah ini.
No. | Kelompok Kerja Guru | Tanggal Pelaksanaan | Tempat |
1. | KKG GUGUS 03 Kecamatan Lemahabang Kab. Karawang | 26-28 Oktober 2010 | SDN PULOJAYA I |
B. PESERTA
Peserta Kegiatan Inservice Program KKG Gugus BERMUTU ini adalah :
Semua guru SD baik yang sudah PNS dan Non PNS yang ada di wilayah Gugus 03 Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang.
Berikut daftar pesertanya :
PESERTA KEGIATAN INSERVICE
KKG GUGUS 03 KECAMATAN LEMAHABANG
NO | NAMA | Gol / Ruang | Pendidikan Terakhir | Asal Sekolah |
1 | AOS FIRDAOS,SPd | III / b | S1 PGSD | SDN Pulojaya I |
2 | WASIN SUHENDRA, SPd. | III / c | S1 | SDN Pulojaya I |
3 | SUYADI | IV/A | D.II PGSD | SDN Pulojaya I |
4 | DODIN ROEHIDIN | IV / a | D.II PGSD | SDN Pulojaya I |
5 | ONAH | IV / a | D.II PGSD | SDN Pulojaya I |
6 | ASEP SAEPULOH | D.II PGSD | SDN Pulojaya I | |
7 | SITI SUHAEBAH | D.II PGSD | SDN Pulojaya II | |
8 | SAEPUDIN | IV / a | D2 PGSD | SDN Pulojaya II |
9 | SOLIHAT | III / c | D.II PGSD | SDN Pulojaya II |
10 | HASAN BASRI | II / c | D.II PGSD | SDN Pulojaya II |
11 | KARTINI | D.II | SDN Pulojaya II | |
12 | DEDE MARDIAH | S1 PGSD | SDN Pulojaya II | |
NO | NAMA | Gol / Ruang | Pendidikan Terakhir | Asal Sekolah |
13 | ONAH SITI HASANAH | II / a | D.II PGSD | SDN Pulojaya III |
14 | ADE PERMANA | - | D.II PGSD | SDN Pulojaya III |
15 | ENAY KURNIASIH | IV / a | D.II PGSD | SDN Pulojaya III |
16 | DASIM MAHPUDIN | III / d | D.II PGSD | SDN Pulojaya III |
17 | ENDANG SURYANA | IV / a | D.II PGSD | SDN Pulojaya III |
18 | JUHDIANA | IV / a | D.II PGSD | SDN Karyamukti I |
19 | ROHANAH | IV / a | D.II PGSD | SDN Karyamukti I |
20 | SITI NURLELA | II/b | D.II PGSD | SDN Karyamukti I |
21 | OJO SUPARJA, S.Pd I | SI PAI | SDN Karyamukti I | |
22 | SUPIASIH | III/A | SI PAI | SDN Karyamukti I |
23 | RATNA WULAN SARI | - | D.II PGSD | SDN Karyamukti I |
24 | SUNARYATUN | IV / a | D.II PGSD | SDN Karyamukt i II |
25 | MAKSUS | IV / a | D.II PGSD | SDN Karyamukt i II |
26 | ACAH | IV / a | D.II PGSD | SDN Karyamukt i II |
27 | ALI RAHMAT | III / d | D.II PGSD | SDN Karyamukt i II |
28 | DIAH WARDIAH | II/b | D.II PGSD | SDN Karyamukt i II |
29 | AGI SUKMAYADI | IV / a | D.II PGSD | SDN Pulokalapa I |
30 | ABDUL QODIR | III / c | D.II PGSD | SDN Pulokalapa I |
31 | MAR'AH SULANDRI | III / c | D.II PAI | SDN Pulokalapa I |
32 | LILIS SRI N | II / d | D.II PGSD | SDN Pulokalapa I |
33 | ACA TAMIMI, SPd.I. | II / c | D.II PGSD | SDN Pulokalapa I |
34 | A TAJUDIN | III / c | D.II PGSD | SDN Pulokalapa II |
35 | ASEP SAEPUDIN | II / d | D.II PGSD | SDN Pulokalapa II |
36 | ELIF FAHLADIN | II / b | D.II PGSD | SDN Pulokalapa III |
37 | RUSMANA | IV / a | PGA | SDN Pulokalapa III |
38 | MAMAN SIDIK | IV / a | S1 PGSD | SDN Pulokalapa III |
39 | TATA, SPd. | IV/A | S1 PGSD | SDN Pulokalapa III |
40 | SUHARYATI | IV / a | S1 PGSD | SDN Pulomulya I |
41 | VINI ASTRIANI E H. | III/B | S1 PAI | SDN Pulomulya I |
42 | H. SATIM | SPG | SDN Pulomulya I | |
43 | TIA ANITA | - | D.II PGSD | SDN Pulomulya I |
44 | CAMING | SGO | SDN Pulomulya I |
NO | NAMA | Gol / Ruang | Pendidikan Terakhir | Asal Sekolah |
45 | ASAN | II / d | D.II PGSD | SDN Pulomulya II |
46 | ACEP SUPRIYADI | II / b | D.II PGSD | SDN Pulomulya II |
47 | RANTA SUPARTA | D.II PGSD | SDN Pulomulya II | |
48 | ELA NURLAELA, Sag. | S1 PAI | SDN Pulomulya II | |
49 | NURDIN, S.Pd | IV / a | S1 | SDN Pulojaya I |
50 | ASEP SUDANA, S.Pd | IV / a | S1 | SDN Pulojaya II |
51 | ROMLI, S.Pd | IV / a | S1 | SDN Pulojaya III |
52 | IYAS ISKANDAR | IV / a | S1 | SDN Karyamukti I |
53 | SUTATI, S.Pd | IV / a | S1 | SDN Karyamukti II |
54 | YETI MARYATI, S.Pd | III / d | S1 | SDN Pulokalapa I |
55 | H. UDIN MAHPUDIN,SH | IV / a | S1 | SDN Pulokalapa II |
56 | SANUSI, S.Pd | IV / a | S1 | SDN Pulokalapa III |
57 | AJAT, S.Ag | IV / a | S1 | SDN Pulomulya II |
58 | ITOH MASITOH, S.Pd | IV / a | S1 | SDN Pulomulya II |
C. FASILITATOR
Pada kegiatan Inservice Program KKG Gugus BERMUTU di Gugus 03 Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang ini, difasilitasi oleh tim yang terdiri dari unsur Struktural Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang dan DCT Kabupaten Karawang selaku narasumber.
D. KEPANITIAAN DAN UNSUR PIMPINAN
Panitia adalah Pejabat Struktural Kepala UPTD TK, SD Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang dan Para Pengurus Kelompok Kerja Guru Gugus03I Kecamatan Lemahabang.
PENANGGUNG JAWAB DAN PANITIA
No. | Nama | Jabatan | |
Rutin | Kepanitiaan | ||
1 | AOS FIRDAOS, SPd. | Ketua KKG Gugus o3 | Ketua Pelaksana |
2 | ABDUL QODIR | Sek. KKG Gugus o3 | Sekretaris |
3 | WASIN SUHENDRA | Bend. KKG Gugus o3 | Bendahara |
|
1. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Langkah-langkah Pembelajaran | Output | Alat/Bahan/ Media/Sumber Belajar | Waktu |
1 | - Menyimak informasi kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten/Kota - Melakukan tanya jawab | Peserta memahami kebijakan Dinas Pendidikan Kab/Kota Karawang | LCD Note Book Kebijakan Disdikpora Kab/Kota | 2 X 45 menit |
2 | - Menyimak penjelasan materi - Diskusi penyususnan silabus dan RPP - Penyusunan silabus dan RPP | - Peserta memahami Kurikulum - Silabus dan RPP | LCD Note Book ATK Format-format Papan Tulis Modul BBM Generik | 8 X 45 menit |
3 | - Menyimak penjelasan materi - Tanya jawab tentang Case Study, Lesson Study, dan PTK - Diskusi tentang Case Study, Lesson Study dan PTK - Menyusun Case Study - Open Class - Brainstorming | Peserta dapat menyusun Case Study, Lesson Study dan PTK | LCD Note Book ATK Format-format Papan Tulis Modul BBM Generik | 10 X 45 menit |
4 | - Menyimak penjelasan cara-cara menyusun learning Journal - Membuat learning journal | Peserta dapat menyusun Learning journal | LCD Note Book ATK Format-format Papan Tulis | 4 X 45 menit |
5 | Menyimak penjelasan tentang ICT | Peserta mengenal bagian-bagian komputer | Seperangkat computer Modul BBM Generik | 2 X 45 menit |
6 | Menyusun tagihan-tagihan hasil kegiatan | Portofolio | ATK Modul BBM Generik | 2 X 45 menit |
7 | Menyusun Rencana Tindakan | Rencana tindakan | ATK Modul BBM Generik | 2 X 45 menit |
2. Model Silabus Diklat Inservice
KOMPETENSI | INDIKATOR | MATERI | PENGALAMAN BELAJAR | ALAT/SUMBER | JAM PEL |
Peserta mampu memahami Kebijakan Dinas Pendidikan Kab/Kota | Mendeskripsikan Kebijakan Dinas Pendidikan Kab/Kota | Kebijakan Dinas Pendidikan Kab/Kota | - Menyimak informasi kebijakan Dinas Pendidikan Kab/Kota - Melakukan tanya jawab | - LCD - Note Book | 1 |
- Peserta mamapu memahami Isi kurikulum Sekolah - Peserta mampu membuat Silabus dan RPP | - Mendeskripsikan isi Kurikulum Sekolah - Mendeskripsikan komponen-komponen Silabus dan RPP | KTSP a. Dokumen I b. Dokumen II ( Silabus dan RPP ) | - Menyimak penjelasan materi - Diskusi penyusunan silabus dan RPP - Penyusunan silabus dan RPP | - LCD - Note Book - ATK - Papan Tulis - Modul BBM Generik | 2 6 |
Peserta mampu memahami : Case Study, Lesson Sudy, dan PTK | Mendeskripsikan Case Study, Lesson Study, dan PTK | - Case Study - Lesson Study - PTK | - Menyimak penjelasan materi - Tanya jawab tentang Case Study, Lesson Sutdy dan PTK - Diskusi tentang Case Study, Lesson Study dan PTK - Menyusun Case Study - Open Class - Brainstorming | - LCD - Note Book - ATK - Papan Tulis - Modul BBM Generik - Format-format | 3 3 5 |
Peserta mampu memahami cara menyusun Learning Journal | Mendeskripsikan cara membuat learning journal | Menyusun learning journal | - Menyimak penjelasan cara-cara menyusun learning journal - Membuat learning journal | - ATK - Modul BBM Generik | 4 |
Peserta mampu memahami ICT | Mendeskripsikan bagian-bagian ICT | ICT | Menyimak penjelasan tentang ICT | - Seperangkat Computer - Modul BBM Generik | 2 |
Peserta mampu memahami tagihan-tagihan yang harus dipenuhi | Mendeskripsikan tagihan-tagihan yang harus dipenuhi | Evaluasi Kinerja Guru | Menyusun tagihan-tagihan hasil kegiatan | - ATK - Modul BBM Generik | 2 |
Peserta mampu memahami cara penyusunan action plan | Mendeskripsikan cara penyusunan perencanaan tindakan | Penyusunan action plan | Menyusun rencana tindakan | - ATK - Modul BBM Generik | 2 |
F. JADWAL KEGIATAN INSERVICE
KKG GUGUS 03 LEMAHABANG
TANGGAL: 26 s/d 28 Oktober 2010
No | Waktu | Hari / Tanggal | Kode | Uraian Kegiatan | Jml Jam | Fasilitator | Keter | ||
Selasa | Rabu | Kamis | |||||||
08-12-2009 | 09-12-2009 | 10-12-2009 | |||||||
1 | 07.30 – 08.15 | 1 | 4 | 7 | 1 | Kebijakan Disdikpora Kab. Karawang | 1 | Kadisdikpora | Pleno |
2 | 08.15 – 09.00 | 2 | 4 | 7 | 2 | KTSP | 2 | Pemandu | Kelompok |
3 | 09.00 – 09.45 | 2 | 5 | 7 | 3 | Silabus dan RPP | 6 | Pemandu | Kelompok |
09.45 – 10.15 | ISTIRAHAT | 4 | Case Study | 3 | Pemandu | Kelompok | |||
4 | 10.15 – 11.00 | 3 | 5 | 7 | 5 | Leasson Study | 5 | Pemandu | Kelompok |
5 | 11.00 – 11.45 | 3 | 5 | 8 | 6 | PTK | 3 | Pemandu | Kelompok |
11.45 – 13.00 | ISTIRAHAT | 7 | Learning Jurnal | 4 | Pemandu | Kelompok | |||
6 | 13.00 – 13.45 | 3 | 5 | 8 | 8 | ICT | 2 | Pemandu | Kelompok |
7 | 13.45 – 14.30 | 3 | 5 | 9 | 9 | Evaluasi Kinerja Guru | 2 | Pemandu | Kelompok |
8 | 14.30 – 15.15 | 3 | 6 | 9 | 10 | Rencana Tindakan | 2 | Pemandu | Kelompok |
15.15 – 15.45 | ISTIRAHAT | ||||||||
9 | 15.45 – 16.30 | 3 | 6 | 10 | |||||
10 | 16.30 – 17.15 | 4 | 6 | 10 | |||||
Jumlah | 10 | 10 | 10 | 30 |
G. PEMBIAYAAN
Kegitan Inservice yang dilaksanakan dari tanggal 26-28 Oktober 2010 di Gugus 03 Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang ini, biaya seluruhnya menggunakan DBL KKG BERMUTU untuk KKG Gugus 03 , dengan rincian sebagai berikut :
1. Belanja Bahan : = Rp. 4.004.000,-
- ATK Kegiatan = Rp. 540.000,-
- Penggandaan = Rp. 200.000,-
- Dokumentasi dan Surat Menyurat = Rp. 104.000,-
- Penyusunan Laporan = Rp. 100.000,-
- Konsumsi = Rp. 3.060.000,-
2. Belanja Perjalanan = Rp. 2.250.000,-
- Transport Narasumber
@ Rp. 100.000,- x 3 Org x 1 Keg = Rp. 300.000,-
- Uang Harian Narasumber
@ Rp. 350.000,- x 3 Org x 1 hr = Rp. 1.050.000,-
- Akomodasi
@ Rp. 300.000,- x 3 Org x 1 hr = Rp. 900.000,-
3. Jumlah ( Belanja Bahan + Belanja Perjalanan) = Rp. 6.254.000,-
( Terbilang : Enam juta dua ratus lima puluh empat ribu rupiah)
H. TATA TERTIB
1. Peserta wajib hadir dalam acara pembukaan, selama pelaksanaan kegiatan, dan penutupan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
2. Peserta wajib hadir di tempat kegiatan 10 menit sebelum acara dimulai .
3. Peserta wajib mengikuti semua kegiatan yang telah ditetapkan oleh sekretariat panitia.
4. Peserta wajib berpakaian rapi dan sopan pada saat mengikuti kegiatan.
5. Peserta wajib mentaati peraturan yang dibuat panitia sebagaimana tersebut di atas.
6. Hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib ini akan diinformasikan lebih lanjut.
BAB III
HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN
Pada kegiatan Inservice ini, ada beberapa materi kegiatan yang merupakan pokok dari pembahasan para narasumber, diantaranya :
1. Pelatihan Lesson study
Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning (pembelajaran yang bermutu) untuk membangun learning community (komunitas`pembelajaran) Dalam pelaksanaan lesson study terdapat tiga tahapan yaitu: (i) Perencanaan (plan) , (ii) Pelaksanaan dan Observasi (do), (iii) Refleksi (see)
2. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing – masing satuan pendidikan, KTSP dikembangkan sesuai relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan. KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang ber iman dan ber taqwa, berakhlak mulia sehat, ber ilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga nagara yang demokratis. Maka pengembangan KTSP lebih menitik beratkan pada kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
3. Penilitian Tindakan Kelas (PTK)
Dalam kegiatan Inservice, juga menyelenggrakan pelatihan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) meski secara umum disampaikan sehingga betul – betul memberikan kontribusi bagi peningkatan profesional guru dalam pembelajaran dikelas. Program Penilitian Tindakan Kelas (PTK) di kegiatan In service ini agar kedepan guru – guru di gugus 03 ini dibina secara berkelanjutan oleh pengawas dan kepala sekolah.
Kami melaksanakan program tersebut di atas agar dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja guru.</span>